Minggu, 24 November 2013

TUGAS ARSITEKTUR KOMPUTER TENTANG BUS DAN SISTEM INTERKONEKSI

By Lia Saimin   Posted at  20.44   arsitektur komputer No comments




Abstrak
Dalam arsitektur komputer, sebuah bus adalah sebuah subsistem yang mentransfer data atau listrik antar komponen komputer di dalam sebuah komputer atau antar komputer. Tidak seperti hubungan titik-ke-titik, sebuah bus secara logika dapat menghubungkan beberapa alat dalam satu set kabel yang sama. Dan sistem interkoneksi adalah suatu sistem tenaga listrik yang terdiri dari beberapa pusat listrik (Pembangkit) dan beberapa gardu induk (GI) yang saling terhubung (Terinterkoneksi) antara satu dengan yang lain melalui sebuah saluran Transmisi dan melayani beban yang ada pada semua gardu induk (GI) yang terhubung.

Kata Kunci: Bus adalah sistem yang mentransfer data antara komponen komputer . Sementara Sistem Interkoneksi merupakan sistem tenaga listrik.

Abstract

In computer architecture, a bus is a subsystem that transfers data or power between computer components inside a computer or between computers. Unlike the relationship point-to-point, a bus can logically connect several devices in the same set of cables. And interconnection system is a power system consisting of several power plants (plants) and several substations (GIs) that are connected (interconnected) between one another via a transmission line and serve existing load at all substations (GIs ) connected.

Keywords: Bus is a system that transfers data between computer components. While the System Interconnect is a power system.





BAB I
PENDAHULUAN

1.    Latar Belakang
Pengertian Bus adalah sistem pentransfer data antara komponen komputer di dalam komputer. Tidak seperti hubungan titik-ke-titik, sebuah bus secara logika dapat menghubungkan beberapa alat dalam satu set kabel yang sama. Bus komputer awal merupakan bus listrik paralel dengan banyak hubungan, tetapi istilah ini sekarang digunakan untuk pengaturan fisik yang menyediakan fungsi logika yang sama dengan sebuah bus listrik paralel, dan dapat dihubungkan dengan kabel dalam sebuah topologi multidrop atau daisy chain atau dihubungkan oleh hub switch, seperti dalam kasus bus USB. Sistem Interkoneksi adalah suatu sistem tenaga listrik yang terdiri dari beberapa pusat listrik (Pembangkit) dan beberapa gardu induk (GI) yang saling terhubung (Terinterkoneksi) antara satu dengan yang lain melalui sebuah saluran Transmisi dan melayani beban yang ada pada semua gardu induk (GI) yang terhubung.
2.    Perumusan masalah
a.       Apa pengertian bus?
b.      Apa saja macam-macam bus dalam sistem komputer?
c.       Apa pengertian sistem interkoneksi?
d.      Apa faktor pembangkit sistem interkoneksi?
e.       Bagaimana struktur sistem interkoneksi?

3.    Tujuan
a.      Untuk mengetahui pengertian bus dalam sistem komputer
b.      Untuk mengetahui berbagai macam bus dalam sistem komputer
c.       Untuk mengetahui pengertian sistem interkoneksi
d.      Untuk mengetahui tentang faktor-faktor dalam pembangkitan sistem interkoneksi
e.      Untuk mengetahui struktur sitem interkoneksi



BAB II
PEMBAHASAN DAN HASIL
A. BUS (BUS)
Dalam arsitektur komputer, sebuah bus adalah sebuah subsistem yang mentransfer data atau listrik antar komponen komputer di dalam sebuah komputer atau antar komputer. Tidak seperti hubungan titik-ke-titik, sebuah bus secara logika dapat menghubungkan beberapa alat dalam satu set kabel yang sama. Setiap bus mendefinisikan set konektornya ke alat colok fisik, kartu, atau kabel bersamaan.
 
Gambar 1. Arsitektur Bus Sistem dalam sebuah komputer
Bus komputer awal merupakan bus listrik paralel dengan banyak hubungan, tetapi istilah ini sekarang digunakan untuk pengaturan fisik yang menyediakan fungsi logika yang sama dengan sebuah bus listrik paralel, dan dapat dihubungkan dengan kabel dalam sebuah topologi multidrop atau daisy chain atau dihubungkan oleh hub switch, seperti dalam kasus bus USB.
Sebuah bus yang menghubungkan komponen-komponen utama komputer disebut sebagai Bus System. Biasanya sebuah Bus System terdiri dari 50 hingga 100 saluran yang terpisah.



Bus System dapat dibedakan atas :
a.    Bus data

   Kumpulan konduktor, yang membawa kode-kode instruksi atau data dari mikroprosesor ke unit-unitnya atau sebaliknya, dan memiliki sifat aliran dua arah. Pada mikroprosesor yang riil, jumlah saluran masukan tidak sama atau terbatas, umumnya jumlah saluran data masukan N sama dengan jumlah saluran data keluaran M. jumlah saluran data dinamakan lebar jalur data (data path width) atau word size suatu mikroprosesor. Bus data digunakan untuk mengirim/menerima data antara komponen - komponen sistem dengan mikroprosesor yang mempunyai saluran data masukan sama dengan saluran data keluaran sebanyak 8 bit. Mikroprosesor ini disebut mikroprosesor 8 bit yang mana saluran data diberi simbol dengan huruf D.

b.    Bus Alamat

Kumpulan konduktor, yang membawa kode-kode alamat dari mikroprosesor ke unit-unitnya, dan memiliki sifat aliran satu arah. Suatu mikroprosesor ideal dianggap mempunyai memori dalam (internal Memory) yang tidak terbatas, tetapi kenyataanya mikroprosesor mempunyai jumlah memori yang terbatas untuk menyimpan data dan program. Proses penyimpanan informasi dalam memori disebut penulisan memori dan proses pengambilan informasi dari memori disebut pembacaan memori.
Informasi (data) dapat disimpan dalam memori pada sejumlah lokasi memori. Setiap lokasi memori ditentukan oleh lebar jalur data mikroprosesor. Ukuran kata memori harus dibuat sama dengan lebar jalur data mikroprosesor. Setiap lokasi memori mempunyai suatu alamat memori yang tertentu. Alamat dinyatakan dengan bilangan hexadecimal. Microprosesor harus memilih alamat yang diinginkan sebelum mikroprosesor melakukan penulisan atau pembacaan pada suatu lokasi memori.




c.    Bus Memori

Memory bus adalah set kabel yang digunakan untuk membawa alamat memori dan data ke dan dari RAM sistem. Bus memori di kebanyakan PC juga berbagi dengan bus prosesor, menghubungkan memori sistem untuk prosesor dan chipset sistem. Memory bus merupakan bagian dari PC hirarki bus, yang berkecepatan tinggi saluran komunikasi yang digunakan dalam komputer untuk mentransfer informasi antara komponen-komponennya. lihat di sini untuk rincian lebih lanjut tentang bus , dan di sini untuk penjelasan dari bus memori dalam kaitannya dengan prosesor , serta spesifik bus memori untuk prosesor yang berbeda .
Memory bus terdiri dari dua bagian: data dan bus alamat. Bus Ketika orang-orang hanya mengacu pada "bus memori" mereka biasanya mengacu pada data bus, yang membawa data memori sebenarnya dalam PC. Bus alamat digunakan untuk memilih alamat memori bahwa data akan datang dari atau pergi ke pada membaca atau menulis.
Semakin lebar bagian data bus, semakin banyak informasi yang dapat ditransmisikan secara bersamaan. data bus umum yang lebih luas berarti kinerja yang lebih tinggi. Kecepatan bus ditentukan oleh kecepatan clock sistem dan merupakan pendorong utama lain kinerja bus. Bandwidth bus data berapa banyak informasi yang dapat mengalir melalui itu, dan merupakan fungsi dari lebar bus (dalam bit) dan kecepatan (dalam MHz). Hal ini dijelaskan secara lebih rinci di sini .
Anda dapat menganggap data bus sebagai jalan raya, lebar adalah jumlah jalur dan kecepatan adalah seberapa cepat mobil bepergian. bandwidth kemudian adalah jumlah lalu lintas jalan raya bisa membawa dalam suatu unit waktu tertentu, yang merupakan fungsi dari seberapa banyak jalur ada dan seberapa cepat mobil bisa mengemudi di dalamnya. bandwidth yang lebih berarti kinerja yang lebih baik - jika dan hanya jika seluruh sistem dapat menggunakan bandwidth yang meningkat.
 Lebar bus alamat mengontrol addressability dari memori sistem, yang berapa banyak memori sistem prosesor dapat membaca atau menulis ke. Melanjutkan analogi jalan raya, bus alamat membawa informasi tentang nomor keluar yang berbeda di jalan raya.Semakin lebar bus alamat, semakin banyak jumlah digit bisa keluar, dan keluar lagi yang bisa didukung di jalan raya. Kebanyakan sistem memori dapat mengatasi lebih jauh daripada yang pernah mereka akan menggunakan. Lihat bagian yang menunjukkan lebar bus alamat dan addressability untuk berbagai prosesor.
Sebuah komputer memiliki beberapa bus, agar dapat berjalan. Banyaknya bus yang terdapat dalam sistem, tergantung dari arsitektur sistem komputer yang digunakan. Sebagai contoh, sebuah komputer PC dengan prosesor umumnya Intel Pentium 4 memiliki bus prosesor (Front-Side Bus), bus AGP, bus PCI, bus USB, bus ISA (yang digunakan oleh keyboard dan mouse), dan bus-bus lainnya.
Bus disusun secara hierarkis, karena setiap bus yang memiliki kecepatan rendah akan dihubungkan dengan bus yang memiliki kecepatan tinggi. Setiap perangkat di dalam sistem juga dihubungkan ke salah satu bus yang ada. Sebagai contoh, kartu grafis AGP akan dihubungkan ke bus AGP. Beberapa perangkat lainnya (utamanya chipset atau kontrolir) akan bertindak sebagai jembatan antara bus-bus yang berbeda. Sebagai contoh, sebuah kontrolir bus SCSI dapat mengubah sebuah bus menjadi bus SCSI, baik itu bus PCI atau bus PCI Express.
Berdasar jenis busnya, bus dapat dibedakan menjadi bus yang khusus menyalurkan data tertentu, contohnya paket data saja, atau alamat saja, jenis ini disebut dedicated bus. Namun apabila bus yang dilalui informasi yang berbeda baik data, alamat, dan sinyal kontrol dengan metode multipleks data maka bus ini disebut multiplexed bus. Kekurangan multiplexed bus adalah hanya memerlukan saluran sedikit sehingga menghemat tempat tapi kecepatan transfer data menurun dan diperlukan mekanisme yang komplek untuk mengurai data yang telah dimultipleks. Sedangkan untuk dedicated bus merupakan kebalikan dari multipexed bus.
Beberapa bus utama dalam sistem komputer modern adalah sebagai berikut:
a.       Bus prosesor. Bus ini merupakan bus tercepat dalam sistem dan menjadi bus inti dalam chipset dan motherboard. Bus ini utamanya digunakan oleh prosesor untuk meneruskan informasi dari prosesor ke cache atau memori utama ke chipset kontrolir memori (Northbridge, MCH, atau SPP). Bus ini juga terbagi atas beberapa macam, yakni Front-Side Bus, HyperTransport bus, dan beberapa bus lainnya. Sistem komputer selain Intel x86 mungkin memiliki bus-nya sendiri-sendiri. Bus ini berjalan pada kecepatan 100 MHz, 133 MHz, 200 MHz, 266 MHz, 400 MHz, 533 MHz, 800 MHz, 1000 MHz atau 1066 MHz. Umumnya, bus ini memiliki lebar lajur 64-bit, sehingga setiap detaknya ia mampu mentransfer 8 byte.
  1. Bus AGP (Accelerated Graphic Port). Bus ini merupakan bus yang didesain secara spesifik untuk kartu grafis. Bus ini berjalan pada kecepatan 66 MHz (mode AGP 1x), 133 MHz (mode AGP 2x), atau 533 MHz (mode AGP 8x) pada lebar jalur 32-bit, sehingga bandwidth maksimum yang dapat diraih adalah 2133 MByte/s. Umumnya, bus ini terkoneksi ke chipset pengatur memori (Northbridge, Intel Memory Controller Hub, atau NVIDIA nForce SPP). Sebuah sistem hanya dapat menampung satu buah bus AGP. Mulai tahun 2005, saat PCI Express mulai marak digunakan, bus AGP ditinggalkan.
  2. Bus PCI (Peripherals Component Interconnect). Bus PCI tidak tergantung prosesor dan berfungsi sebagai bus peripheral. Bus ini memiliki kinerja tinggi untuk sistem I/O berkecepatan tinggi. Bus ini berjalan pada kecepatan 33 MHz dengan lebar lajur 32-bit. Bus ini ditemukan pada hampir semua komputer PC yang beredar, dari mulai prosesor Intel 486 karena memang banyak kartu yang menggunakan bus ini, bahkan hingga saat ini. Bus ini dikontrol oleh chipset pengatur memori (northbridge, Intel MCH) atau Southbridge (Intel ICH, atau NVIDIA nForce MCP).
  3. Bus PCI Express (Peripherals Component Interconnect Express)
  4. Bus PCI-X (Peripherals Component Interconnect Express)
  5. Bus ISA (Industry Standard Architecture)
  6. Bus EISA (Extended Industry Standard Architecute)
  7. Bus MCA (Micro Channel Architecture)
  8. Bus SCSI (Small Computer System Interface]]. Bus ini diperkenalkan oleh Macintosh pada tahun 1984. SCSI merupakan antarmuka standar untuk drive CD-ROM, peralatan audio, harddisk, dan perangkat penyimpanan eksternal berukuran besar
  9. Bus USB (Universal Serial Bus). Bus ini dikembangkan oleh tujuh vendor komputer, yaitu Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northern Telecom. Bus ini ditujukan bagi perangkat yang memiliki kecepatan rendah seperti keyboard, mouse, dan printer karena tidak akan efisien jika perangkat yang berkecepatan rendah dipasang pada bus berkecepatan tinggi seperti PCI. Keuntungan yang didapat dari bus USB antara lain : tidak harus memasang jumper, tidak harus membuka casing untuk memasang peralatan I/O, hanya satu jenis kabel yang digunakan, dapat mensuplai daya pada peralatan I/O, tidak diperlukan reboot.
  10. Bus 1394. Bus yang mempunyai nama FireWire memiliki kecepatan tinggi diatas SCSI dan PCI. Bus 1394 sangat cepat, murah, dan mudah untuk diimplementasikan. Bus ini tidak hanya populer perangkat komputer tetapi juga perangkat elektronik seperti kamera digital, VCR, dan televisi.

Kelemahan Bus Sistem

Apabila banyak terdapat perangkat I /O atau sistem memory yang dihubungkan ke BUS Data maka akan dapat menurunkan kinerja dari sistem
keseluruhan, hal ini dikarenakan:
a.
Timbulnya propagation delay
b.
Timbulnya permasalahan Bottleneck





Ada 2 Jenis Teknologi Bus Sistem:
Traditional Bus (ISA-BUS)
Sifat-sifat :
.
a)      Peripheral High-Speed (network, SCSI, Video, Graphic) dengan Peripheral Low- Speed dikoneksikan pada expansion bus yang sama, sehingga kinerja bus tidak optimal.
.
b)      Beban Bus sistem sangat berat, shg kinerjanya lambat














c)      Traditional Bus ini merupakan sistem bus tunggal (Single Bus system) yang populer diterapkan pada jenis IBM-PC : 8088, era tahun 80′an.

High Speed Bus
Sifat-sifat:
a.       High Speed Bus , yaitu bus berkecepatan tinggi untuk koneksi peripheral berkecepatan tinggi : Video, Graphic , Network, SCSI
b.      Expansion Bus , yaitu bus berkecepatan rendah untuk koneksi peripheral berkecepatan rendah , seperti: Modem, Fax , Serial
c.       Beban Sistem Bus menjadi lebih ringan sehingga kinerjanya menjadi lebih cepat.
d.      High Speed bus merupakan jenis bus ganda (multi bus)

Diagram High Speed Bus
Elemen – elemen pada sistem perancangan Bus :
1.
Jenis Bus

Decicated

Sifat :
-
Data Bus dan Address Bus memiliki Jalur terpisah


-
Rancangan lebih mahal


-
Kecepatan transfer data lebih tinggi

Multiplexed

Sifat :
-
Jalur Data dan Address dijadikan satu


-
Rancangan Lebih Murah


-
Kecepatan transfer data lebih lambat
2.
Metoda arbitrasi

- Tersentralisasi

- Terdistribusi
3.
Timing

- Synchronous

- Asynchronous
4.
Lebar Bus



- Address

- Data
5.
Type data transfer

- Write

- Read

- Read modify write

- Read after write

- Block

BUS – PCI
Peripheral Component Interconnection
Dikeluarkan oleh Intel sebagai public domain
32 atau 64 bit
50 Jalur
Jalur Bus PCI (Optional)
Interrupt lines
*
Not shared
Cache support
64-bit Bus Extension
*
Additional 32 lines
*
Time multiplexed
*
2 lines to enable devices to agree to use 64-bit transfer
JTAG/Boundary Scan


 SISTEM INTERKONEKSI (INTERCONNECT SYSTEM)
    Sistem interkoneksi adalah suatu sistem tenaga listrik yang terdiri dari beberapa pusat listrik (Pembangkit) dan beberapa gardu induk (GI) yang saling terhubung (Terinterkoneksi) antara satu dengan yang lain melalui sebuah saluran Transmisi dan melayani beban yang ada pada semua gardu induk (GI) yang terhubung.
Sistem interkoneksi dapat di kelompokkan atas 2 jenis :

a.       Sistem yang terhubung
b.      Sistem yang tidak terhubung.

            Ke dua sistem di atas berbeda tingkat koordinasi nya. Suatu sistem saling berhubungan atau terintegrasi beroperasi total pada suatu sistem, semua pengoperasian seperti perencanaan peningkatan fasilitas, pemasangan peralatan baru, peningkatan dalam penyediaan kapasitas yang di butuhkan generato, koordinasi pembangunan dan pemeliharaan, peningkatan fasilitas transmisi dilakukan dalam satu cara yang terkoordinasi. kontrak yang terjadi antara jaringan yang terinterkoneksi masing masing kegunaan nya terutama untuk memenuhi kebutuhan beban area yang di layani
.

Sebuah   sistem          interkoneksi   yang   terdiri  dari   sebuah   PLTA,   sebuah   PLTU,   sebuah   PLTG,   dan   sebuah   PLTGU  serta 7 buah GI yang satu sama lain dihubungkan oleh saluran transmisi.
Di   setiap   GI   terdapat   beban   berupa   subsistem   distribusi.   Secara   listrik, masing-masing       subsistem    distribusi  tidak  terhubung     satu  sama    lain. Dalam   sistem     interkoneksi,   semua   pembangkit   perlu   dikoordinir   agar dicapai    biaya   pembangkitan      yang   minimum,     tentunya    dengan    tetap memperhatikan  mutu  serta  keandalan.  Mutu  dan  keandalan  penyediaan  tenaga listrik menyangkut frekuensi, tegangan, dan gangguan. Demikian  pula   masalah   penyaluran   daya   yang   juga   perlu   diamati   dalam   sistem interkoneksi     agar   tidak   ada   peralatan    penyaluran     (transmisi)   yang mengalami beban lebih.
Sistem yang terisolir adalah sistem yang hanya mempunyai sebuah pusat listrik saja dan tidak ada interkoneksi antar pusat listrik serta tidak ada hubungan dengan jaringan umum (interkoneksi milik PLN).
 Sistem yang terisolir  misalnya    terdapat   di  industri  pengolah    kayu   yang   berada   di tengah hutan atau pada pengeboran minyak lepas pantai yang berada di tengah laut. Pada sistem yang terisolir umumnya digunakan PLTD atau PLTG. Pada Sistem yang terisolir, pembagian beban hanya dilakukan di antara unit-unit pembangkit di dalam satu pusat listrik sehingga tidak ada masalah penyaluran daya antar pusat listrik seperti halnya pada sistem interkoneksi. PLN juga mempunyai banyak sistem yang terisolir berupa
sebuah PLTD dengan jaringan distribusi yang terbatas pada satu desa, yaitu pada daerah yang baru mengalami elektrifikasi.

Operasi   pembangkitan,   baik   dalam   sistem   interkoneksi   maupun   dalam sistem   yang   terisolir,   memerlukan   perencanaan   pembangkitan   terlebih dahulu yang di antaranya adalah:

a.        Perencanaan Operasi Unit-unit Pembangkit.
b.      Penyediaan Bahan Bakar.
c.       Koordinasi Pemeliharaan.
d.      Penyediaan Suku Cadang,dll.

Koordinasi Pemeliharaan
            Dalam sistem interkoneksi bisa terdapat puluhan unit pembangkit dan  juga puluhan peralatan transmisi seperti transformator dan pemutus tenaga (PMT). Semua unit pembangkit dan peralatan ini memerlukan pemeliharaan dengan mengacu kepada petunjuk pabrik. Tujuan pemeliharaan Unit Pembangkit dan Transformator adalah:

 a. Mempertahankan efisiensi.
 b. Mempertahankan keandalan.
c.  Mempertahankan umur ekonomis.
            Pemeliharaan unit-unit pembangkit perlu dikoordinasikan agar petunjuk pemeliharaan pabrik dipenuhi namun daya pembangkitan sistem yang tersedia masih cukup untuk melayani beban yang diperkirakan.
Faktor-faktor dalam Pembangkitan

a.  Faktor Beban

            Faktor beban adalah perbandingan antara besarnya beban rata-rata. untuk suatu selang waktu (misalnya satu hari atau satu bulan) terhadap  beban puncak tertinggi dalam selang waktu yang sama. Sedangkan beban rata-rata untuk suatu selang waktu adalah jumlah produksi kWh  dalam selang waktu tersebut dibagi dengan jumlah jam dari selang waktu
tersebut. Dari uraian di atas didapat:

Faktor Beban = Beban rata-rata
            Beban Puncak

             Bagi penyedia tenaga listrik, faktor beban sistem diinginkan setinggi  mungkin, karena faktor beban yang makin tinggi berarti makin rata beban  sistem sehingga tingkat pemanfaatan alat-alat yang ada dalam sistem dapat diusahakan setinggi mungkin. Dalam praktik, faktor beban tahunan sistem berkisar antara. 60-80%.

b.  Faktor Kapasitas

            Faktor kapasitas sebuah unit pembangkit atau pusat listrik menggambarkan seberapa besar sebuah unit pembangkit atau pusat listrik dimanfaatkan. Faktor kapasitas tahunan (8760 jam) didefinisikan sebagai:

Faktor Kapasitas = Produksi Satu Tahun (4.2)
     DayaTerpasangx 8,760
            Dalam praktik, faktor kapasitas tahunan PLTU hanya dapat mencapai  angka antara 60-80% karena adanya dioperasikan  masa pemeliharaan  dan adanya gangguan atau kerusakan yang dialami oleh PLTU tersebut.  Untuk PLTA, faktor kapasitas tahunannya berkisar antara 30-50%. Ini  berkaitan dengan ketersediaanya air.
c. Faktor Utilisasi (Penggunaan)

            Faktor utilisasi sesungguhnya serupa dengan faktor kapasitas, tetapi di  sini menyangkut daya. Faktor Utilisasi sebuah alat didefinisikan sebagai:

Faktor Utilitas = Beban Alat Tertinggi
Kemampuan Alat

            Beban dinyatakan dalam ampere atau Mega Watt (MW) tergantung alat yang diukur faktor utilisasinya. Untuk saluran, umumnya dinyatakan dalam ampere, tetapi untuk unit pembangkit dalam MW. Faktor utilisasi  perlu diamati dari keperluan pemanfaatan alat dan juga untuk mencegah pembebanan-lebih suatu alat.

d.  Forced Outage Rate

            Forced outage rate adalah sebuah faktor yang menggambarkan sering tidaknya sebuah unit pembangkit mengalami gangguan. Gambar IV.4 menggambarkan hal-hal yang dialami oleh sebuah unit pembangkitdalam satu tahun (8.760 jam).  Forced Outage Rate (FOR) didefinisikan  sebagai:

FOR    =    Jumlah Jam Gangguan Unit
   Jumlah Jam Operasi Unit + Jumlah Jam Gangguan Unit

            FOR tahunan unit PLTA sekitar 0,01. Sedangkan FOR tahunan untuk unit  pembangkit termis sekitar 0,5 sampai 0,10. Makin andal sebuah unit  pembangkit (jarang mengalami gangguan), makin kecil nilai FOR-nya. Makin tidak handal sebuah unit pembangkit (sering mengalami gangguan), makin besar nilai FOR-nya.

Struktur Interkoneksi

Dari jenis pertukaran data yang diperlukan modul–modul komputer, maka struktur interkoneksi harus mendukung perpindahan data.

Memori ke CPU : CPU melakukan pembacaan data maupun instruksi dari memori.
CPU ke Memori : CPU melakukan penyimpanan atau penulisan data ke memori.
I/O ke CPU : CPU membaca data dari peripheral melalui modul I/O.
CPU ke I/O : CPU mengirimkan data ke perangkat peripheral melalui modul I/O.
I/O ke Memori atau dari Memori : digunakan pada sistem DMA

Perkembangan struktur interkoneksi

Sampai saat ini terjadi perkembangan struktur interkoneksi, namun yang banyak digunakan saat ini adalah sistem bus.

Sistem bus
Digunakan secara tunggal
Digunakan secara jamak,
Hal ini Tergantung karakteristik sistemnya




Selain itu ada 3 jenis Interkoneksi dalam komputer, yaitu :
1.
CPU Interconnection
 
Gambar 2. CPU Interkoneksi




2.
Memory Interconnection


Gambar 3. Memory Interkoneksi
3.
I/O Interconnection





BAB III

SIMPULAN


Bus adalah sebuah subsistem yang mentransfer data atau listrik antar komponen komputer di dalam sebuah komputer atau antar komputer. Sebuah bus yang menghubungkan komponen-komponen utama komputer disebut sebagai Bus System. Biasanya sebuah Bus System terdiri dari 50 hingga 100 saluran yang terpisah. Bus terdiri dari bus data, bus alamat dan bus memori . Beberapa bus utama dalam sistem komputer modern adalah Bus prosesor, Bus AGP (Accelerated Graphic Port), Bus PCI (Peripherals Component Interconnect), Bus PCI Express (Peripherals Component Interconnect Express), Bus PCI-X (Peripherals Component Interconnect Express), Bus ISA (Industry Standard Architecture), Bus EISA (Extended Industry Standard Architecute), Bus MCA (Micro Channel Architecture), Bus SCSI (Small Computer System Interface), Bus USB (Universal Serial Bus) , Bus 1394. Kelemahan bus adalah timbulnya porpagation delay dan timbulnya persalahan bottleneck.
                     Sistem interkoneksi adalah suatu sistem tenaga listrik yang terdiri dari beberapa pusat listrik (Pembangkit) dan beberapa gardu induk (GI) yang saling terhubung (Terinterkoneksi) antara satu dengan yang lain melalui sebuah saluran Transmisi dan melayani beban yang ada pada semua gardu induk (GI) yang terhubung. Faktor-faktor pembangkitannya adalah faktor beban, faktor kapasitas, faktor utilisasi (penggunaan), Forced Outage Rate. Ada tiga jenis sistem interkoneksi yaitu cpu interkoneksi, memori interkoeksi dan input output interkoneksi.


 

DAFTAR PUSTAKA


(http://id.wikipedia.org/wiki/Bus_komputer , di akses 18 November 2013 pukul 8:53)



About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 Angelia Saimin. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.